UKL – UPL
STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN UKL-UPL DENGAN OSS
No | Komponen | Uraian |
1 |
Persyaratan |
a. Formulir identitas Pemilik usaha b. Formulir deskripsi rinci rencana usaha dan/atau kegiatan c. Matrik dampak |
2 |
System Mekanisme dan Prosedur |
a. mengisi dan mengajukan Formulir UKL-UPL kepada Dinas Lingkungan Hidup b. Pemeriksaan UKL-UPL dan penetapan persetujuan Rekomendasi UKL-UPL c. Menyiapkan rapat Koordinasi pemeriksaan UKL-UPL d. Rapat Koordinasi pemeriksaan UKL-UPL e. Jika hasil rapat pemeriksaan Formulir UKL-UPL dinyatakan tidak memerlukan perbaikan, maka pejabat yang ditunjuk, Kepala Instansi Lingkungan Hidup menerbitkan Surat Keputusan Rekomendasi UKL-UPL kepada pelaku usaha f. Jika hasil rapat pemeriksaan formulir UKL-UPL dinyatakan perlu dilakukan perbaikan, maka pejabat yang ditunjuk, Kepala Instansi Lingkungan Hidup mengembalikan formulir UKL-UPL kepada pelaku usaha g. Pelaku usaha wajib menyampaikan perbaikan formulir UKL-UPL kepada Instansi Lingkungan Hidup paling lambat 5 (lima) hari kerja h. Setelah perbaikan formulir UKL-UPL diterima, pejabat yang ditunjuk Kepala Instansi Lingkungan Hidup menerbitkan Surat keputusan Rekomendasi UKL-UPL |
3 |
Biaya |
Tidak ada biaya (gratis) untuk pendaftaran SPPL |
4 |
Jangka Waktu Penyelesaian |
Pendaftaran SPPL : tanda bukti pendaftaran diberikan paling lama 3 hari sejak formulir SPPL diverifikasi dan dinyatakan lengkap |
5 |
Produk Pelayanan |
Rekomendasi Izin Lingkungan |
6 |
Dasar Hukum |
a. Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegerasi Secara Elektronik b. Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor : P.22/MENLHK/SETJEN/KUM.1/7/2018 tentang Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan c. Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor : P.26/MENLHK/SETJEN/KUM.1/7/2018 tentang Pedoman Penyusunan dan Penilaian serta Pemeriksaan Dokumen Lingkungan Hidup dalam Pelaksanaan Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik d. Peraturan Bupati Tanggamus Nomor : 30 Tahun 2017 tentang Jenis Usaha dan/atau Kegiatan Yang Wajib Dilengkapi Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UPL) |
7 |
Sarana, Prasarana / Fasilitas |
a. Laptop/Komputer b. Printer |
8 |
Kompetensi Pelaksana |
Pernah mengikuti kursus/diklat tenis bidang Lingkungan Hidup |
9 |
Pengawasan Internal |
Berjenjang sesuai dengan susunan organisasi
|
10 |
Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan |
Penanganan pengaduan melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanggamus |
11 |
Jumlah Pelaksana |
– Operator : 1 orang – Petugas Pelayanan : 2 orang |
12 |
Jaminan Pelayanan |
a. Adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) b. Adanya Kode Etik Pegawai c. Tidak ada diskriminasi terhadap Pemohon |
13 |
Jaminan Keamanan dan Keselamatan |
Pelayanan pendaftaran SPPL bagi rencana usaha dan/atau kegiatan merupakan pelayanan bebas pungli |
14 |
Evaluasi Kinerja Pelaksana |
Rapat koordinasi internal rutin setiap bulan dan mengevaluasi terkait program kegiatan dan pelayanan |